Kamis, 26 April 2012

Rich in Dream, Rich in Action

Hari ini saya mengikuti seminar motivasi yang di adakan oleh jurusan psikologi kampus saya :)
Dengan mengambil tema seperti judul di atas, HIMA menghadirkan seorang enterpreneur lokal asli Semarang yang masih berusia 19 tahun , seorang mahasiswi semester dua di Undip , bernama Mutiara Hikma , dan seorang penulis buku 9Summer10Autumn , seorang pejuang hidup yang berasal dari Batu, Malang , dan tumbuh dari keluarga yang sangat sederhana namun mampu bekerja di New York dan menjadi orang yang berkelimpahan , Iwan Setyawan :)

Apa yang mereka berikan, ilmu dan pengalaman mereka, merupakan hal yang sangat luar biasa :) 

Hari ini, saya di buat terkagum-kagum dengan keberhasilan Mutiara Hikma, dengan keinginannya untuk bisa menjadi orang sukses , keinginannya untuk bisa menjadi pemimpin, bukan hanya sekedar karyawan. Saya diberi ilmu tentang bagaimana kerasnya dia berusaha dengan keuntungan sedikit (sekitar sepuluh ribu rupiah) pada awalnya , namun dalam waktu kurang lebih satu tahun dia akhirnya dapat menghasilkan 15 juta perbulan. Bagaimana Mutiara bisa menjadi seorang mahasiswi semester 2 yang akhirnya malah menggaji mereka yang S2 dan bule-bule , bagaimana dia bisa menjadi seorang leader dari sebuah tempat kursus yang hanya dimulai dari satu garasi kecil ... Mutiara mengajarkan bagaimana kita harus memiliki suatu dobrakan dalam hidup , bagaimana seharusnya kita mengembangkan sisi material kita, dan mulai memahami bahwa leadership adalah cara paling baik untuk sukses. 
Mutia mengajarkan bahwa untuk sukses, untuk mendapatkan rezeki , tidak cukup hanya dengan kerja keras dan doa , bahwa tidak cukup hanya dengan tau rahasia sukses, tapi juga mampu menerapkannya, bahwa semua orang disekitar kita -siapapun, bahkan yang baru ketemu sekalipun- adalah TEAM kita untuk sukses , bahwa sistem tabur-tuai juga berperan dalam usaha , pemberian 100% dituntut dalam usaha untuk sukses, dan pengamalan hasil dari sukses adalah sedekah yang ikhlas :) Sedekah sebagai bentuk kecil dari rasa syukur, adalah hal baik bagi mereka yang ingin terberkati ! 

Kemudian , Kang Iwan Setyawan, yang tampil sangat fresh dan lucu , memberikan banyak pelajaran dengan sangat ringan . Beliau mampu berbicara cablak apa adanya , terkesan sedikit kasar (dengan banyaknya kata-kata seperti damn it, what the hell, fuck you , dan sejenisnya.hahaha :D) namun sangat 'nancep' dan menghibur . Kang Iwan mampu memberikan pandangan baru mengenai sexy mind bagi para mahasiswa , khususnya jurusan saya , psikologi . Kang Iwan memberikan ide tentang semangat sexy dan hot mind bagi mahasiswa, yang erat kaitannya dengan kreativitas dan how to make Pscychology can be more interesting and fun .. :) 

Beliau juga menginspirasi saya , dan semua teman-teman saya dari kisah hidup keluarganya , yang sang ayah hanya merupakan supir angkot , dan ibu -yang menurut Kang Iwan adalah ibu yang 'gila'- yang memiliki kesederahaan yang sempurna, mampu membentuk Iwan Setyawan yang memiliki big dreams with rich action. Orangtua inilah yang mampu menjadi motivasi eksternal beliau dalam menggapai kesuksesan dalam hidupnya , kebahagiaan orangtua inilah yang menjadi 'cambuk' bagi Kang Iwan dalam menghadapi tiap kesulitan dalam perkuliahan dan membangun sedikit demi sedikit kesuksesannya . 

Apapun dalam hidup ini, Kang Iwan mengajarkan, agar kita mampu untuk bermimpi besar, agar kita berani bermimpi besar, namun juga mampu dan berani untuk mewujudkannya . Beliau mengajarkan untuk jangan peduli terhadap pendapat orang lain yang menatap kita sebelah mata, justru harus jadi motivasi untuk pembuktian (saya teringat lagu Looser Like Me-Glee ketika beliau membahas materi ini) , bahwa ketika memutuskan untuk membuat sukses adalah takdir kita, beliau mengatakan 'apapun ketakutan yang membayang-bayangi usaha kita untuk sukses, kita harus tembus batas ketakutan itu , orang yang sukses adalah mereka yang tetap bertahan ketika berdarah, yang mau menerima sakit untuk menjadi semakin kuat, yang tetap dan selalu berjuang ketika gagal!' 

Agaknya, talkshow yang hanya 1 jam oleh Kang Iwan itu terasa sangat cepat, pembawaan Kang Iwan yang santai dan humoris (saya pikir Kang Iwan boleh nyoba untuk jadi comic standup comedy yaaa) , penggunaan bahasa yang nyablak dan apa adanya , penggunaan kata-kata umpatan bahasa Inggris yang malah kedengaran lucu , serta pengalaman yang sangat menginspirasi , membuat sesuatu mulai tumbuh di dalam jiwa saya . 

Sesuatu itu bernama Semangat untuk Sukses ! 

Terimakasih banyak untuk kesediaan Mutiara dan Kang Iwan yang telah rela datang ke kampus saya yang di gunung-gunung ini , untuk memberi semangat kepada kami , generasi muda yang dalam tahap untuk mulai struggle dalam hidup ini :) 

Hal yang semakin menguatkan saya adalah : bahwa saya ingin sukses , sebagai apapun , entah sebagai enterpreneur seperti Mutiara , atau sebagai psikolog sesuai dengan cita-cita saya , apapun pekerjaan saya nanti ,  saya bekerja untuk Negara saya , Indonesia . Saya , dalam menapak cita-cita saya , dalam membangun jalan menuju kesuksesan saya , melakukan semuanya itu demi pengabdian saya kepada Tuhan Allah, dan kepada negara saya :) 

Terimakasih sekali lagi untuk inspirasi yang sangaaaaat berharga , Mutiara dan Kang Iwan ! Tuhan memberkati kalian berdua :) 

*bunga*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar