Selasa, 20 Maret 2012

Depresi , atau entahlah ..

Beberapa hari terakhir ini saya sering berpikir apakah saya sedang terkena depresi karena mood yang sangat labil . Saya sering merasa sangat sulit menahan diri untuk menangis , atau merasa tersinggung , atau untuk merasa diri sangat sendirian. Entahlah , mungkin saya lagi merasa jenuh dengan segala aktivitas saya di kampus. Haha , sedikit berat rasanya menjadi mahasiswi yang merantau dan sangat jauh dari keluarga . Teman-teman kuliah bisa pulang setiap weekend ke kampung halaman masing-masing, saya harus menunggu libur panjang dan itupun kalau ada rejeki berlebih untuk beli tiket pulang , kalau nggak , yah , tetap di perantauan lah . hahahaha :D 

Saya agak sedikit cemas ketika menyadari kondisi saya yang seperti itu . Saya pun mulai mencari ciri-ciri depresi di Google , dan saya menemukan jawabannya : 
Rasa sedih, cemas, atau hampa yang terus-menerus
Rasa putus asa dan pesimis
Rasa bersalah, tidak berharga dan tidak berdaya
Kehilangan minat atau kesenangan atas hobi atau aktivitas yang sebelumnya disukai
Energi lemah, kelelahan, menjadi lamban
Sulit berkonsentrasi, mengingat, memutuskan
Sulit tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hipersomnia)
Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan)
Tidak tenang dan gampang tersinggung
Gejala penyakit fisik yang tidak hilang dengan pengobatan seperti sakit kepala, masalah pencernaan (sulit buang air, diare, dll) dan nyeri kronis.
Berpikir ingin mati atau bunuh diri
Bingung dengan makna hidup sebenarnya.
Sulit untuk menghargai sesuatu prestasi yang dicapai.

Bosan dengan kehidupan, pekerjaan, keluarga, dan teman-teman.
Merasakan seolah-olah pergerakan sangat lambat.


Suka menangis tanpa suatu alasan yang jelas
Selalu merasa berada ditengah-tengah kesulitan, penderitaan, keterbatasa, atau kesedihan

Terkadang, merasa berat di tangan dan kaki 

 Well , saya menemukan beberapa ciri-ciri yang saya alami . Saya sering merasa sedih dan hampa (salah satu bentuk saya merasa sendirian) , saya juga beberapa kali menyadari bahwa saya sering merasa pesimis terhadap diri saya sendiri, merasa tidak berharga , gampang tersinggung, dan saya menjadi gemukan karena rajin makan . Entah saya memang depresi atau saya yang sedang mengalami Pre-Menstruation Syndrom (keterangan lebih lanjut tentang PMS bisa dibaca di sini) sehingga mood saya sedang tidak stabil.

Yang patut saya syukuri adalah , bahwa tidak semua ciri di atas tersebut saya alami . *syukurlah. HAHAHA* Kalau tidak, saya pasti sudah positif terkena depresi dan mungkin harus di larikan ke dosen saya untuk periksa. Hahahadeeeh -_________-

Saya mungkin mengalami sedikit depresi , semakin dewasa seseorang, semakin banyak hal yag harus di pikirkan dan semakin besar tanggungjawab yang harus diemban. I can't make it simple. Saya ingat sahabat saya mengatakan bahwa saya adalah tipe orang yang ribet , yang semuaya di bawa masuk ke dalam pikiran , dan jadi beban. I can't make life as simple as her. Yah , saya memang tipe orang yang terlalu memikirkan banyak hal , di hadapan orang akan kelihatan ceria dan biasa saja , tapi ketika saya pulang, masuk ke kamar , dan hendak tidur, kembali semua pikiran-pikiran tersebut mencuat keluar dan mengganggu saya . Saya memang mengalami tidur yang nggak tenang beberapa hari belakangan ini , entahlah , saya mungkin sedikit depresi :D

Untuk itulah , saya memutuskan untuk 'rehat' sejenak dan mungkin berdiam diri dan 'mendadani' diri dan jiwa saya kembali. Saya jelas ingin sehat dan menghargai hidup ini , saya juga merasa lelah bersikap pesimis dan depresi :')

Saya mungkin akan sedikit 'terapi' dengan membangun komunikasi dengan orangtua dan keluarga serta sahabat-sahabat saya yang jauh di sana , saya ingin sembuh , dan berharap mereka mengerti bahwa saya membutuhkan mereka .

Jadi , apakah anda merasakan ciri-ciri depresi seperti yang telah saya rangkum di atas ? Ayo , jangan malu untuk minta bantuan penyembuhan dari orang-orang terdekat yang kita percayai dan terbukti telah menyayangi kita :) Anda dan saya sama-sama saling mencoba untuk mendekatkan diri kepada Tuhan , keluarga , dan sahabat-sahabat . Kita pasti bisa untuk keluar dari kondisi terpuruk ini . *hug*

Sekian dulu postingan saya kali ini , nanti saya akan melaporkan perkembangan kesehatan saya . Kalau saya sukses melewati ini , saya akan berbagi tipsnya kepada kalian.

Terimakasih ! :")

*bunga*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar