Jumat, 16 Maret 2012

Sahabat

Eum well , sebenarnya , apa sih sahabat itu ? 

Kalau kita bicara tentang SAHABAT , mungkin sebagian besar langsung membayangkan seseorang atau beberapa teman dekat yang udah di anggap sebagai sahabat sendiri . Atau mungkin malah ada orang yang mengganggap sinis sahabat, menganggap bahwa sahabat itu cuma isapan jempol dan dongeng untuk mereka yang merasa dunia ini terlalu baik untuk dilalui dengan orang yang bernama sahabat :) 

Apapun pendapat kalian, tapi bagaimanapun, saya yakin , setiap manusia ingin memiliki sahabat . Bahkan mereka yang sinis dengan sahabat dan lingkup persahabatan pun sebenarnya pasti memiliki kejadian yang bisa dikatakan traumatis sehingga menyebabkan hilangnya kepercayaan akan makna sahabat , walau dalam hati ingin juga merasakan sahabatan itu seperti apa ... 

Yak , banyak sih yang bilang sahabat itu lebih tinggi derajatnya daripada teman biasa. Sahabat itu katanya adalah orang yang mampu untuk tetap bersama-sama dengan kita walaupun tahu segala hal yang buruk dan tidak menyenangkan tentang kita. Menurut kalimat ini sih , sahabat itu bisa di anggap sebagai orang yang tetap mau berteman denganmu meskipun tahu kalau porsi makanmu ngalahin porsi makan kawanan gajah Afrika yang menderita busung lapar , sahabat itu adalah orang yang akan selalu bersama denganmu walaupun tahu kau lebih suka ngupil daripada makan *ngenes* atau semacam itulah :D 

Banyak loh quote, puisi , cerita , atau apapun yang menunjukan indahnya persahabatan itu , makanya jangan heran , banyak orang berlomba-lomba ingin punya teman dekat yang bisa di beri embel-embel 'sahabat' . Dan yang perlu sedikit penjelasan , semua quote , puisi , cerita , atau apapun itu , terkadang terlalu melebih-lebihkan SAHABAT. 

Dalam quote, puisi , dan cerita , sahabat di gambarkan adalah orang yang  mampu menerima kita apa adanya , mereka adalah orang-orang yang tetap setia padamu seburuk apapun dirimu , mereka orang lain yang tidak memiliki hubungan darah apapun dengamu tapi memiliki rasa sayang yang luar biasa yang bisa di samakan dengan keluarga , mereka yang kelihatannya begitu sempurna , sampai-sampai banyak orang yang mencari sosok sahabat yang seperti ini . 

Nyatanya , sahabat tidak sesempurna itu . 

Tunggu dulu , saya bukan tipe orang yang sinis dan tidak percaya kepada persahabatan , saya percaya , dan saya PERNAH mencari sahabat seperti yang ditulis dalam quote, puisi , cerita dan lagu-lagu , tapi saya tidak menemukannya. Benar kata orang , semakin kau mencari kesempurnaan semakin kau lihat betapa tidak sempurnanya apa yang kau miliki sekarang. Manusia adalah tipe yang selalu mencari dan tidak pernah puas , semakin kau cari sahabat sejati seperti yang ada dalam quote , semakin kau menemukan bahwa siapapun yang kau anggap sahabat saat ini, itu tidak sempurna ... 

Kesempurnaan hanya milik Tuhan bukan? Jadi mengapa kau mencari sahabat yang sesempurna perkataan quote , puisi , dan cerita itu ? :) 

Saya punya sahabat , dia adalah orang yang mau mendengarkan setiap cerita saya , dia yang selalu tau kapan saya lagi sedih dan ingin sendiri , dia mengerti kapan saya merasa galau dan lain-lain, dia adalah orang yang selalu bisa saya ajak bertukar pikiran tentang banyak hal, tapi dia nggak pernah berjanji untuk selalu ada untuk saya . Kenapa ? Saya dan dia adalah dua manusia yang berbeda pemikiran dan berbeda kegiatan. Menyediakan waktu untuk mengobrol atau sekedar sms aja adalah hal yang susah tapi harus kami lakukan untuk berkomunikasi ketika kami harus menempuh studi masing-masing di kota yang berbeda, membuat persahabatan ini semakin sulit. Kata-kata yang dia berikan ketika kami berpisah adalah 'i hope you always remember that you still have me as bestfriend, not bulshitfriend , eventhough i can't be there when you happy or sad' *terharu* *ngelap ingus*

Saya , bagaimanapun saya ingin berada bersama dia dan ingin dia selalu ada untuk saya , saya nggak bisa memaksakan kehendak saya dan kehendak quote itu terjadi . Sekalipun dia bisa menerima saya yang berbadan lebih besar daripada dia, nggak menutup kesempatan dia untuk mengejek bentuk tubuh dan berat badan saya. Saya tersinggung? Beberapa kali ya (wajar dong, saya kan manusia!) , tapi hal yang lebih saya perhatikan adalah betapapun dia mengejek saya seperti itu , dia adalah tetap orang yang mau menerima saya sebagai sahabatnya dan nggak malu mengakuinya , dia adalah tetap orang yang tetap membiarkan saya makan makanan dia ketika saya merasa makanan saya kurang :') Sahabat saya adalah orang yang sangaaaaat cuek , bahkan kepada saya sendiri , dia bukan seperti sahabat dalam quote yang selalu bersikap peduli kepada saya . Dia bisa tahan untuk nggak menanyakan kabar saya seharian , dia bisa tahan untuk tidak bercerita kepada saya tentang hal-hal yang dianggapnya nggak penting (padahal menurut saya itu termasuk penting.hahaha) , tapi dia tetap adalah orang yang paling rajin balas sms saya , apapun isinya. Penting nggak penting , dia selalu membalasnya, dia tetap adalah orang yang dengan sukarela menerima telepon saya jam berapapun ketika dia nggak sibuk dan berbicara dengan saya sampai pagi , dia tetap adalah orang yang selalu mau mendengarkan apapun yang saya katakan (terkadang saya membahas hal yang nggak penting , tapi dia selalu membiarkan saya berceloteh ) . 

Apakah dia sempurna sebagai sahabat ? Menurut quote , tentu saja tidak, karna dia tidak memiliki tingkat 'care' seperti yang banyak di katakan quote , tapi bagi saya , dia adalah orang yang paling layak saya sebut sahabat :) Keindahan tergantung kepada mata siapa yang melihatnya , kesempurnaan sahabat tergantung kepada hati siapa yang merasakannya , dan saya yakini itu. Saya memang terkadang ingin dia bersifat seperti sahabat yang ada di film-film atau seperti yang di katakan quote , tapi nggak bisa , karena dia bukanlah sahabat yang ingin saya bentuk sesuai quote yang saya inginkan , justru saya bisa bersahabat dengannya karena dirinya sendiri , saya bersahabat dengannya karena saya nyaman dengan dia, dengan dirinya yang seperti itu... 

Jadi , siapakah sahabat anda ? Masihkah anda mencari orang yang tepat dan memenuhi kriteria film-film? Atau anda sudah menemukan dia yang walaupun sering membuat anda merasa kesal tapi selalu tahu caranya untuk membuat anda tersenyum ? Sudahkah anda melihat 'kesempurnaan' sahabat yang sekarang berada di samping anda ? 

Bestfriend is our gift for ourselves :)


*bunga*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar