Jumat, 23 Maret 2012

Langkah awal untuk menyembuhkan depresi

Saya akhirnya ngepost lagi :)
Hooolllaaaaaaaaaa !!! *dadahdadah* 

Saya masih dalam masa penyembuhan depresi kecil saya. Haha . Beberapa hari ini saya melakukan sedikit introspeksi dan meditasi. Mungkin sedikit ekstrim dengan menjauh dari dunia sosial , sekitar satu hari setelah postingan terakhir , saya menonaktivkan semua akun jejaring sosial dan handphone. Saya satu harian itu kembali sibuk dengan dunia saya di kampus , kebetulan organisasi yang baru saya ikuti sedang memiliki rencana untuk melakukan kegiatan yang syukurnya membuat saya menjadi salah satu panitia dan pastinya tim capek . Hahaha . Setidaknya , kuliah dan organisasi dan rapat tersebut bisa buat saya nggak merasa sendiri dan nggak memikirkan untuk nangis , atau apalah. wkwkwk. Kalau sibuk, nyampe kos udah malam , tinggal mandi dan istirahat , sehingga pikiran - pikiran negatif itu dapat di tahan. 

Dan waktu libur panjang dari jumat sampe minggu ini adalah hari-hari yang sangat berat. Kalau udah libur panjang kayak gini , pasti teman-teman kuliah sayaa\ pada pulang kampung , begitu juga kos yang menjadi sangat tenang karena kebanyakan penghuninya pulang kampung. Hal ini sangat menyiksa. Namun hari ini saya syukurnya bisa melewatinya. *salto* Dari pagi bangun, saya mulai menyibukkan diri saya , mulai dari membereskan kamar , mencuci pakaian , menyetrika , membersihkan diri (hari ini saya jadi wanita seutuhnya dengan memperhatikan kecantikan. hahaha . that's not so me) , dan akhirnya menyicil tugas-tugas kuliah. Dan saya berhasil melewatinya hingga jam ini , detik ini. 

Mungkin saya belum pulih benar-benar , tapi saya masih usaha , loh . Jadi , tips pertama yang dapat saya berikan untuk kamu-kamu yang merasa diri juga mengalami depresi (baik ringan maupun nggak), ataupun yang merasa sedikit stress (ciri-ciri mereka yang mengalami depresi dapat di lihat di sini ) , adalah jangan takut untuk sebentar saja menarik diri dari lingkungan ,bukan untuk tambah buruk , tapi untuk mulai memahami dan mengerti tentang diri anda sendiri , mulailah untuk menyisakan waktu berpikir tentang hal-hal apa yang membuat anda merasa tertekan dan mungkin mengalami depresi akhir-akhir ini. Mulailah berpikir dengan terbuka , jangan malu mengakui bahwa anda tertekan dengan hal-hal yang terjadi di sekitar anda . Depresi itu merupakan bentuk dari ketidakkuatan anda menghadapi hal-hal baru yang terjadi di sekeliling anda , depresi adalah bentuk kelemahan , tapi bukan berarti lemah kita nggak bisa menjadi kuat kan? Anda harus yakin bahwa kelemahan adalah dasar dan guru yang paling baik dalam mengajari cara kita untuk tetap kuat dan bertahan lebih lama lagi  :) 

Setelah meditasi , mulailah untuk menyibukkan diri  Memang nggak akan gampang atau instan untuk menyembuhkan depresi , tapi dengan memulai untuk menyibukkan diri , akan lebih mudah anda menyingkirkan nafsu untuk merasa bersedih . Hari ini pun sebenarnya saya masih memikirkan hal-hal yang membuat saya sedih, tapi saya bertekad bahwa saya harus kuat dan tahan , saya harus keluar dari yang namanya depresi ringan ini :')  Hal penting yang harus anda miliki adalah tekad dan kemauan keras. Hahaha . Susah memang , susaaaaaah kali , dan saya pun merasakannya , tapi kalau semua di pikr susah , yah memang susah lah , semua yang susah harus di lawan dengan kekuatan yang lebih besar.  Apakah masalah itu yang lebih besar kekuatnnya daripada kita ? :') 

Eum , mungkin hanya ini , yang bisa saya bagikan dulu awalnya . Saya juga masih dalam tahap mencoba kok , nanti kalau saya kembali mengalami kemajuan, saya akan mengirim kembali postingan ke sini :) 

Terimakasih. 

*bunga*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar