Kamis, 15 Maret 2012

Psikologi itu ....

Eng ing eng !
ternyata saya nggak sabar untuk segera ngepost lagi .
Tapi saya bingung mau ngepost apa. 

*bertapa di gua semut* 

yah , akhirnya saya memutuskan saya akan bercerita tentang Psikologi :) 

Seperti pada perkenalan pertama saya , saya sudah memberitahukan bahwa saya adalah seorang mahasiswi jurusan psikologi di Jawa Tengah . Kenapa sih saya milih psikologi ? Apa enaknya sih belajar psikologi ? Bukannya psikologi itu berhubungan sama orang gila ya? Jadi dokter jiwa dong? Cuma bisa kerja itu doang ya? Berarti bisa baca pikiran saya dong ya?  Mungkin di antara kita dan lingkungan kita, masih banyaaaak sekali pertanyaan seperti itu. Dan saya akui, dulu juga ketika saya masih sekolah, saya pun masih memiliki pendapat yang seperti itu.

Jadi, sekarang, saya hanya ingin menuliskan sekilas tentang gambaran besar psikologi . 

Pertama , kenapa saya memilih psikologi ? Jawabannya karena saya adalah manusia dan berinteraksi dengan manusia lainnya , dan saya mencintai manusia ! Sejak SMP , saya sangat menyukai kegiatan mengamati orang-orang di sekeliling saya , orangtua saya , saudara , dan teman-teman saya. Saya menyukai interaksi dengan teman-teman saya, entah sekedar bermain atau pun ngobrol. Saya cinta manusia dan semua prosesnya :) 

Apa enaknya sih belajar psikologi? ENAK SEKALI, dua kali, tiga kali, dan ribuan kali ! Belajar psikologi berarti membahas manusia , bukan cuma tentang jiwanya , tapi juga tentang perilaku dan perasaannya. Belajar psikologi , saya mengetahui mengapa ketika usia saya 3 tahun , Mama giat menyuruh saya untuk mulai pipis di kamar mandi, saya belajar bagaimana saya yang lahir nggak bisa apa-apa selain nangis akhirnya berkembang dan tahu bicara banyak hal , saya belajar bagaimana untuk bisa respect dan attending kepada orang lain, saya belajar tentang diri saya sendiri ! Nggak usah pusing kalau belajar psikologi , kalian cuma perlu mengingat kembali , atau merefleksikan setiap pelajaran dengan tahapan-tahapan yang telah kalian lalui , kalian belajar dari diri sendiri ! Betapa menyenangkan bukan belajar untuk mengetahui diri sendiri, dan nggak perlu ribet membayangkan seperti apa bangun ruang 3 dimensi , seperti apa katrol apabila di ebri beban 100 gram , atau gimana ribetnya nyamain jumlah debit dan kredit dan membuat buku besarnya? 

Psikologi berhubungan sama orang gila ? Iya, tapi tidak semua kok :) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia, semua manusia, bukan cuma orang gila. Psikologi mempelajari bagaimana cara belajar yang baik, psikologi belajar bagaimana menghadapi orang lain, psikologi mempelajari bagaimana memaksimalkan bakat dan potensi diri semua manusia, psikologi mengajari bagaimana harus bersikap kepada mereka yang berkebutuhan khusus dan menolongnya , psikologi mempelajari bagaimana membantu mereka yang tidak punya tempat untuk mengeluarkan keluh kesahnya . Betapa indahnya belajar psikologi itu ya ? 

Psikolog sama dengan dokter jiwa ? Tentu tidak ! Psikolog tidak kuliah jurusan kedokteran , dan Dokter Jiwa adalah mereka yang kuliah jurusan kedokteran dan mengambil spesialisasi jiwa. Dokter jiwa bukanlah mereka yang lulus dari jurusan psikologi. Ini berbeda ! Psikolog , meskipun ada yang mengambil spesialisasi klinis dan bekerja kebanyakan di rumah sakit jiwa, tapi juga memiliki bidang spesialisasi lain , seperti psikolog pendidikan (biasanya sebagai guru BP/BK) , psikolog anak , psikolog industri organisasi dan lain-lain. Banyak sekali bidang pekerjaan dari psikologi ini ! *yeeeeeey*

Hal terakhir adalah , bahwa setiap yang kuliah jurusan psikologi bisa membaca pikiran itu adalah pandangan yang keliru ! Kami bukan cenayang dan bukan dukun. Kami hanyalah mempelajari karakter dan perilaku seseorang. Kami mempelajari isyarat bahasa tubuh manusia , dan kemudian memprediksi sifat. Prediksi loh, bukan kami baca mantra blablabla kemudian menatap mata dan tring , tahu bagaimana sifat orang lain? Tidak, kami belajar, kami mengetahuinya dari teori dan hasil penelitian, bukan mantra ! 

Psikologi adalah ilmu yang menyenangkan . Selama manusia masih ada , selama itu pula ilmu psikologi akan terus berkembang dan akan selalu ada lowongan pekerjaan bagi mereka lulusan psikologi . 

Jadi , bagaimana psikologi sekarang menurut pendapatmu ?
*winkwink*


*bunga*

3 komentar: